5 Hal yang Harus Kamu Siapkan Untuk Siaran Podcast

5 Hal yang Harus Kamu Siapkan Untuk Siaran Podcast
Content, Podcast, Social Media
By fikar VP - 12 June 2020 - 2513 Views - 3 Comment
hal yang harus disiapkan sebelum memulai podcast

Di era milenial saat ini, pasti kamu sudah tidak asing lagi bila mendengar kata podcast? Ya, podcast adalah siaran non-streaming yang disampaikan melalui bentuk audio, bisa dikatakan hampir mirip dengan radio, namun kamu bisa bebas menentukan konten pembahasan, mulai dari hal sedang viral, lifestyle, horor, berita, gosip sampai curahan isi hati sendiri. Menarik sekali bukan? Waktu pembahasan alias durasinya pun tidak terbatas, jadi kamu sendiri yang menentukan berapa lamanya. 

Hal inilah yang menyebabkan banyak sekali orang yang membuat konten podcast miliknya sendiri. Lalu apa saja sih yang harus dipersiapkan bila ingin membuat siaran podcast?

Berikut adalah hal-hal yang harus kamu siapkan sebelum memulai siaran podcast:

1. Peralatan untuk siaran 

Untuk memulai sebuah podcast, kamu wajib memiliki perlengkapan-perlengkapan seperti microphone, laptop atau komputer, audio interface, software editing audio dan mixer kecil. Biasanya para podcaster pemula lebih memilih untuk menggunakan microphone USB dibandingkan microphone analog, karena lebih praktis dan mudah untuk dibawa kemana saja. 

2. Buatlah konten sesuai dengan hal yang kamu kuasai 

Ambil sebuah kertas dan mulailah untuk membuat daftar ide konten. Buatlah konten berdasarkan hobi atau bidang yang kamu kuasai. Misalnya saja kamu suka banget dengan film horor, kamu bisa membahas pengalaman horor pribadi, tempat-tempat horor yang ada di kota kamu, film-film horor terbaik versi kamu, membacakan cerita horor dari teman-teman atau orang lain dan sebagainya, kamu juga bisa mengundang narasumber atau podcaster lain untuk membuat konten kolaborasi. Wah seru sekali bukan membahas dan berbagi pengalaman mengenai hal yang kamu paling sukai? 

3. Tuangkan ide tersebut ke dalam skrip 

Bila konten siaran kamu ingin rapih dan enak untuk didengar oleh banyak orang, maka kamu harus mempersiapkan sebuah skrip, agar topik pembahasan kamu tidak keluar jalur. Selain itu, hal ini juga akan membantu kamu untuk menjaga tempo durasi sesuai yang kamu inginkan. Skrip adalah salah satu kunci rahasia dibalik siaran podcast yang menarik

4. Tentukanlah format podcast dan durasi siaran 

Mungkin tidak ada batasan berapa lama durasi dalam podcast, namun idealnya adalah 20-45 menit dengan jadwal posting seminggu sekali. Hal ini dibuat agar para pendengar kamu tidak merasa bosan. Buatlah daftar susunan segmen yang ingin kamu tampilkan dalam sebulan untuk mempermudah proses pembuatan podcast. Lalu tentukanlah formatnya, apakah kamu akan membawakan siaran secara sendiri, berdua, narasumber atau kolaborasi dengan podcaster lainnya. Cara-cara ini akan membuat konten podcast lebih terarah sesuai dengan tujuan yang kamu inginkan. 

5. Pilihlah platform untuk podcast kamu 

Ada banyak platform siaran untuk podcast seperti Spotify, Soundcloud, Apple Podcast, Google Podcast, Anchor, Castbox, dan sebagainya. Namun, agar konten podcast kamu banyak yang mendengarkan, kamu tidak bisa sembarangan dalam memilih platform siaran podcast, pilihlah yang sesuai dengan target audience kamu. 

Nah itulah beberapa hal yang harus kamu siapkan sebelum memulai siaran podcast milikmu sendiri. Jangan lupa untuk belajar dari para podcaster yang sudah sukses ya, karena itu akan memberimu wawasan dan memperluas konten siaran kamu. Jadilah diri sendiri dan selalu ingat untuk konsisten. Selamat mencoba ! 

Tags: konten podcast, podcast

Related Content


Popular This Month


Latest Posts


Leave a Message

  • 5 Hal yang Harus Kamu Siapkan Untuk Siaran Podcast

    5 Manfaat Mendengarkan Podcast yang Harus Diketahui - VP BlogVP Blog 20 May 2021

    […] Selain menjadi seorang pendengar, dengan kemudahan teknologi yang ada kamu pun dapat membuat siaran podcast-mu sendiri. Kamu cukup menyiapkan laptop atau komputer, microphone, software untuk editing vocal, audio […]
  • 5 Hal yang Harus Kamu Siapkan Untuk Siaran Podcast

    5 Ide Konten Podcast yang Diminati oleh Banyak Pendengar - VP BlogVP Blog 19 May 2021

    […] ini semua orang dapat membuat konten podcast-nya sendiri. Kamu cukup mempersiapkan peralatan seperti microphone, laptop atau komputer, software […]
  • 5 Hal yang Harus Kamu Siapkan Untuk Siaran Podcast

    5 Tips untuk Membuat Konten Podcast yang Menarik Pendengar - VP BlogVP Blog 18 May 2021

    […] dapat membuat konten podcast sendiri, sebelumnya kamu harus mempersiapkan beberapa hal seperti peralatan siaran, menyiapkan materi […]