5 Jenis Copywriting yang Paling Digunakan Banyak Orang

5 Jenis Copywriting yang Paling Digunakan Banyak Orang
Content, Copywriter
By fikar VP - 03 January 2022 - 5570 Views - 1 Comment
Jenis-Jenis Copywriting yang Paling Digunakan Banyak Orang

Di era digital seperti sekarang ini, peran Copywriter sangat dibutuhkan untuk membantu promosi dan juga meningkatkan sebuah penjualan. Ada beberapa teknik copywriting yang biasa digunakan seperti fokus pada kelebihan, memberikan rasa penasaran, dan sebagainya.

Jenis-jenis copywriting yang paling diperlukan untuk saat ini

Untuk menjadi seorang Copywriter handal, ada baiknya kamu mengenal berbagai jenis copywriting agar dapat membuat tulisan menarik yang lebih memikat hati audiens.

1. Marketing Copywriting

Jenis copywriting ini berfokus dalam menawarkan sebuah produk atau jasa melalui pemberian solusi dan juga informasi mengenai manfaat yang dimiliki. Tujuannya adalah untuk meyakinkan calon konsumen agar mau melakukan pembelian. 

2. Brand Copywriting

Copywriting ini berfungsi untuk menyampaikan citra dan identitas dari sebuah brand melalui logo, image, slogan atau tagline, dan sebagainya. Hal ini bertujuan agar menjadi pembeda antara brand yang kamu wakilkan dengan milik kompetitor, sehingga menimbulkan kesan kuat di dalam benak audiens. 

3. SEO Copywriting

SEO copywriting saat ini memiliki peranan penting untuk membantu sebuah website agar mendapatkan peringkat atas di dalam mesin pencarian. Untuk itu kamu memerlukan copywriting yang harus memenuhi kaidah SEO seperti menggunakan kata kunci yang banyak dicari orang, meta deskripsi, backlink dan sebagainya. Konten yang mudah ditemukan pada mesin pencarian tentunya akan menarik banyak perhatian dari audiens. 

4. Technical Copywriting

Copywriting jenis ini memiliki tujuan untuk memberikan edukasi pada audiens mengenai berbagai macam produk atau jasa secara detail. Hal ini sangat berguna dalam meyakinkan calon konsumen agar lebih memilih produk atau jasa yang kamu tawarkan dibandingkan dengan barang atau layanan sejenis lainnya. 

5. Direct Response Copywriting

Direct response copywriting berfungsi untuk mendapatkan tanggapan langsung dari para konsumen. Caranya kamu bisa mengarahkan audiens agar menekan klik pada tombol CTA, berlangganan ebook, dan lain sebagainya. Jenis copywriting ini biasanya berada di dalam landing page, iklan media sosial, dan juga homepage. Untuk itu, kamu bisa membangun emosional pembaca melalui tulisan dengan storytelling yang menarik.

Itulah beberapa jenis copywriting yang harus diketahui. Semoga bisa membantu dalam mengembangkan ide serta penulisan kamu sebagai seorang copywriter

Tags: Copywriter, Copywriting, Jenis Copywriting

Related Content


Popular This Month


Latest Posts


Leave a Message

  • 5 Jenis Copywriting yang Paling Digunakan Banyak Orang

    5 Kemampuan yang Harus Dimiliki oleh Seorang Copywriter - VP BlogVP Blog 24 November 2022

    […] kamu untuk dapat mengetahui dan memahami pola pikir audiens terlebih dahulu, agar dapat membuat copywriting yang tepat kena sasaran dan mendorong mereka untuk bertindak melakukan […]