5 Kunci Rahasia Menjadi Freelancer Yang Sukses

5 Kunci Rahasia Menjadi Freelancer Yang Sukses
Freelancer
By fikar VP - 26 June 2020 - 4213 Views - 1 Comment
Kunci Rahasia Freelancer Sukses

Saat ini sebagian besar dari kaum milenial menginginkan untuk dapat bekerja secara fleksibel dengan sistem remote (kerja tanpa perlu dari kantor). Salah satu pekerjaan yang paling banyak diminati oleh generasi ini adalah menjadi seorang Freelancer, yaitu seseorang yang bekerja secara lepas tanpa adanya ikatan jangka panjang dengan orang atau perusahaan yang memberikan pekerjaan tersebut. Lalu bagaimana cara menjadi Freelancer yang sukses? Berikut ini adalah rahasianya.

Tips-tips untuk menjadi seorang Freelancer

1. Memiliki manajemen waktu yang baik

Meskipun dapat bekerja dengan fleksibel, namun untuk menjadi seorang Freelancer yang sukses kamu wajib untuk memiliki kemampuan dalam manajemen waktu secara baik. Hal ini bertujuan agar kamu bisa menyelesaikan setiap pekerjaan sesuai dengan deadline, sehingga dapat membangun kepercayaan dari klien.  

2. Memberikan kualitas kerja yang terbaik 

Kualitas pekerjaan akan menjadi salah satu penilaian penting dari para klien. Oleh karena itu, jangan pernah ragu untuk memberikan hasil yang terbaik dan maksimal dari setiap pekerjaan. Hal ini akan membuat para klien untuk kembali menggunakan jasa kamu. 

3. Fokuslah pada bidang yang kamu kuasai

Banyak klien yang hanya memberikan pekerjaan kepada seseorang yang ahli dalam bidangnya. Maka dari itu jika kamu ingin mendapatkan banyak job, kamu harus fokus di bidang yang kamu kuasai. Selalu tingkatkan kemampuan dan berinovasilah dengan ide dan langkah baru.

4. Selalu update dengan perkembangan yang ada 

Sebelum mengerjakan sebuah proyek dari klien, ada baiknya kamu melakukan sebuah riset terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk itu kamu wajib mengetahui dan mengikuti perkembangan tren yang ada, agar kamu dapat memberikan kualitas pekerjaan yang lebih baik lagi kepada klien. 

5. Memperluas networking

Memperluas dan membangun networking yang kuat adalah modal utama jika kamu ingin menjadi Freelancer yang sukses, karena dari situ kamu akan mendapatkan banyak orang yang ingin menggunakan jasa kamu. Kamu bisa menciptakan personal branding yang baik dengan menggunakan media sosial yang ada, lalu jangan lupa untuk mengunggah portofolio yang pernah kamu kerjakan di dalamnya. Hal ini akan mempermudah klien untuk mendapatkan informasi mengenai keahlian dan kualitas kerja kamu. 

Itulah beberapa cara untuk menjadi Freelancer yang memiliki banyak job, jangan pernah menyerah dan selalu tingkatkan kemampuan kamu ya. Semoga sukses! 

Tags: Digital Marketing, Freelance, Marketplace

Related Content


Popular This Month


Latest Posts


Leave a Message

  • 5 Kunci Rahasia Menjadi Freelancer Yang Sukses

    Mengenal Fitur Instagram Shopping untuk Bisnis Anda - VP BlogVP Blog 02 June 2021

    […] Anda bekerja sama dengan Influencer atau Content Creator, mereka juga bisa melakukan tag produk pada postingan dengan menggunakan fitur ini. Hal ini akan […]