5 Langkah Jitu Untuk Membuat Konten Youtube Bagi Pemula

5 Langkah Jitu Untuk Membuat Konten Youtube Bagi Pemula
Content, Social Media
By fikar VP - 28 May 2021 - 4157 Views - 5 Comment
Cara Membuat Konten Youtube Bagi Pemula

Di era digital sekarang ini, Youtube telah menjadi salah satu platform media online yang paling banyak digunakan oleh orang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Statista, sebuah perusahaan database dari Jerman, menyatakan bahwa pengguna Youtube di tahun 2019 mencapai angka lebih dari 2 miliar orang setiap bulannya. 

Selain bisa dibilang Youtube telah menggantikan posisi TV bagi kaum milenial, platform ini juga memberikan penghasilan kepada para pembuat konten di dalamnya, atau yang dikenal dengan Youtuber. Banyak dari mereka yang telah menghasilkan uang sampai Miliaran Rupiah, sebut saja seperti Ryan Toysreview, Jake Paul, Dude Perfect, Atta Halilintar, Ria Ricis dan masih banyak lagi. 

Hal inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk menjadi Youtuber. Namun, di tengah ketatnya persaingan konten, tidak semua Youtuber bisa sukses dan menjadikan Youtube sebagai karirnya. 

Lalu, adakah caranya untuk sukses dalam membangun channel Youtube mulai dari nol, tanpa modal dan juga koneksi?

Berikut ini adalah cara untuk membuat konten Youtube bagi pemula:

1. Buatlah konten yang ingin ditonton oleh orang

Hal pertama kali yang harus kamu lakukan adalah menentukan siapa target audience yang akan menonton Youtube kamu. Hal ini akan membuatmu lebih mudah untuk mengetahui konten seperti apa yang harus disajikan kepada para penonton. Berikanlah konten yang bersifat informatif, edukatif, inspiratif, up to date dan juga entertain.

2. Lakukan publikasi konten secara konsisten

Konsisten adalah kunci utama dalam keberhasilan seorang Youtuber. Maka dari itu, kamu harus membuat jadwal publikasi konten yang teratur untuk dapat menarik penonton kembali pada channel kamu dan menjadikan mereka sebagai subscriber. Tentukanlah jadwal penayangan konten kamu, misal setiap hari selasa dan jumat setiap minggunya. Kamu bisa memberitahunya kepada mereka lewat teaser ataupun video yang telah kamu upload.

Namun, jangan lupa untuk tidak mempublikasikan video secara sekaligus. Hal ini berguna untuk membangun rasa penasaran pada penonton, sehingga mereka akan terus menantikan tayangan-tayangan konten kamu berikutnya.

3. Buatlah judul beserta thumbnails yang menarik

Judul dan thumbnails yang ada pada video Youtube kamu adalah hal pertama yang akan dilihat dan dibaca oleh penonton. Ini adalah salah satu hal yang paling krusial, maka dari itu, buatlah yang semenarik dan sekreatif mungkin agar orang-orang mau meng-klik dan menonton video kamu. 

4. Promosikanlah konten Youtube kamu

Promosi adalah salah satu kunci kesuksesan yang akan mendatangkan banyak penonton. Kamu bisa memulainya dari keluarga, teman-teman dekat, lingkungan sekitar dimana kamu berada ataupun melalui media sosial untuk mengajak mereka menonton video di channel Youtube kamu. Manfaatkanlah hal ini dengan sebaik mungkin dan jangan sungkan untuk meminta tolong pada mereka agar membantu promosi kamu.

5. Ajaklah orang lain untuk berkolaborasi

Banyak Youtuber ternama yang melakukan kolaborasi untuk memperkaya ide konten dan mendatangkan para subscriber baru bagi mereka. Cara ini simpel, namun sangat efektif. Kamu bisa mengajak orang lain untuk berkolaborasi seperti teman-teman sesama Youtuber, Influencer, ataupun yang ahli di bidangnya.

untuk membantu dalam mengisi konten yang akan kamu buat. Rencanakanlah dengan matang, agar hasilnya tidak sia-sia. 

Itulah langkah-langkah jitu yang bisa digunakan dalam membangun channel Youtube kamu. Ada beberapa hal yang harus kamu catat, jangan lupa untuk membalas setiap komentar di video Youtube kamu agar meningkatkan interaksi dengan para penonton, terimalah saran serta kritik dari orang lain, pelajarilah dari Youtube Analytics video mana yang memiliki engagement baik, dan sekali lagi untuk tetap konsisten. 

Semoga hal ini dapat menambah wawasan dan menjadikan kamu sebagai seorang Youtuber yang sukses. Tetap semangat !

Tags: Konten Youtube, Social Media, Youtube, Youtuber

Related Content


Popular This Month


Latest Posts


Leave a Message

  • 5 Langkah Jitu Untuk Membuat Konten Youtube Bagi Pemula

    Fakta Menarik Tentang Media Sosial - VP BlogVP Blog 24 November 2022

    […] Youtube merupakan platform yang tepat untuk membuat video yang panjang seperti review produk, tutorial, wawancara, dan banyak lagi lainnya. Yang perlu dilakukan di platform ini ialah buatlah konten video yang menarik, kreatif, dan informatif agar memiliki lebih banyak fleksibelitas pada media ini. […]
  • 5 Langkah Jitu Untuk Membuat Konten Youtube Bagi Pemula

    7 Tips Ampuh Untuk Menjadi Influencer Terkenal - VP BlogVP Blog 24 August 2021

    […] Influencer yang satu bidang dengan kamu, agar kamu bisa bertukar pengetahuan dan membuat sebuah konten kolaborasi untuk Youtube, Tiktok, Instagram, dan sebagainya. Kamu bisa tergabung dalam satu komunitas yang […]
  • 5 Langkah Jitu Untuk Membuat Konten Youtube Bagi Pemula

    5 Cara Membangun Personal Branding dalam Media Sosial - VP BlogVP Blog 09 June 2021

    […] tumbuh 13,2% dibandingkan tahun sebelumnya. Hal inilah yang membuat media sosial populer seperti Youtube, Instagram, Facebook, Tiktok, dan Twitter kerap dijadikan sebagai wadah untuk membangun relasi, […]
  • 5 Langkah Jitu Untuk Membuat Konten Youtube Bagi Pemula

    5 Media Sosial yang Sedang Hits di Indonesia - VP BlogVP Blog 03 June 2021

    […] dibilang saat ini Youtube merupakan pengganti TV. Banyak orang yang suka menonton Youtube karena memiliki konten yang variatif mulai dari hiburan, pendidikan, berita, dan masih banyak lagi. […]
  • 5 Langkah Jitu Untuk Membuat Konten Youtube Bagi Pemula

    3 Olahraga Pembakar Lemak Yang Bisa Kamu Lakukan Dari Rumah - VP BlogVP Blog 03 June 2021

    […] Zumba seperti Salsa, Merengue March, Beto Shuffle, Kumbia, Reggaeton, ataupun gerakan lainnya dari Youtube. Lakukan latihan ini selama 30 menit sehari dan rasakan manfaatnya seperti berat badan turun, mood […]