5 Manfaat Mendengarkan Podcast yang Harus Diketahui

5 Manfaat Mendengarkan Podcast yang Harus Diketahui
Content, Podcast
By fikar VP - 20 May 2021 - 5381 Views - 4 Comment
Manfaat Mendengarkan Podcast

Pastinya kamu sudah tidak asing lagi bila mendengar kata Podcast. Siaran berbentuk audio non-streaming ini sedang digemari oleh banyak orang. Bisa dibilang Podcast adalah teman setia untuk mengisi waktu luang.

Berikut ini adalah manfaat dari mendengarkan Podcast yang bisa kamu dapatkan: 

1. Menambah pengetahuan baru

Podcast memiliki beragam topik dan juga konten yang informatif, sehingga kamu akan mempelajari banyak hal baru di dalamnya. Berbeda dengan radio dan televisi, kamu bisa mendengarkan siaran podcast dari mana saja. Hal inilah yang membuat podcast menjadi alternatif bagi kaum milenial sebagai sumber untuk mendapatkan informasi. 

2. Memberikan inspirasi 

Jika kamu yang bekerja di bidang kreatif, maka rajin mendengarkan podcast dapat memberikan banyak ide baru. Karena siaran podcast memiliki pembahasan terkini dari sudut pandang yang berbeda-beda. Pengalaman orang lain bisa kamu jadikan pelajaran sekaligus inspirasi dalam hidup. 

3. Mempengaruhi stimulasi otak

Salah satu manfaat mendengarkan podcast adalah melatih stimulasi otak. Sebab umumnya podcast tidak memiliki visual, sehingga memaksa otak untuk lebih fokus pada indera pendengaran dalam mendapatkan informasi. Hal ini akan menimbulkan “theatre of mind” dimana baik untuk meningkatkan daya imajinasi dan membantu kamu agar dapat berpikir secara kritis. 

4. Melatih untuk menjadi pendengar yang baik

Karena kamu hanya fokus mendengarkan, maka hal ini secara tidak langsung akan membuatmu untuk menjadi pendengar yang baik ketika ada orang yang sedang berbicara dengan dirimu. Tentunya ini akan membantumu untuk lebih menghargai orang lain, mudah menemukan solusi dari setiap permasalahan, melatih konsentrasi, dan masih banyak lagi. 

5. Pembahasan podcast cenderung lebih dalam

Banyak orang yang lebih memilih untuk mendengarkan podcast karena pembahasan topik yang menarik dan cenderung lebih dalam dibandingkan radio ataupun televisi. Umumnya durasi pada siaran podcast jauh lebih lama dibandingkan media-media lainnya, hal inilah yang membuat para pendengar podcast bisa menggali informasi dengan sebanyak-banyaknya. 

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari podcast. Selain menjadi seorang pendengar, dengan kemudahan teknologi yang ada kamu pun dapat membuat siaran podcast-mu sendiri. Kamu cukup menyiapkan laptop atau komputer, microphone, software untuk editing vocal, audio interface, dan lain-lain. Semoga informasi yang telah diberikan ini dapat bermanfaat bagi kamu. 

Tags: konten podcast, manfaat podcast, podcast

Related Content


Popular This Month


Latest Posts


Leave a Message

  • 5 Manfaat Mendengarkan Podcast yang Harus Diketahui

    Hal-Hal yang Diperlukan untuk Menjadi Desainer Grafis Handal - VP BlogVP Blog 25 October 2022

    […] kreativitas. Kamu bisa mencari inspirasi melalui lingkungan sekitar, internet, workshop, pameran, podcast, dan sebagainya. Sebab kegiatan-kegiatan tersebut dapat membantu kamu dalam menemukan ide cemerlang […]
  • 5 Manfaat Mendengarkan Podcast yang Harus Diketahui

    7 Cara Ampuh Untuk Mendapatkan Ide Baru - VP BlogVP Blog 30 August 2021

    […] hati dan pikiran kamu akan terlupakan sejenak dari aktivitas dunia kerja. Hal ini akan mendatangkan inspirasi baru yang dapat membantumu dalam menyelasaikan […]
  • 5 Manfaat Mendengarkan Podcast yang Harus Diketahui

    5 Tips untuk Membuat Konten Podcast yang Menarik Pendengar - VP BlogVP Blog 20 May 2021

    […] ini podcast telah menjadi salah satu siaran non-streaming yang paling digemari oleh banyak orang. Sebab podcast dapat didengar kapanpun dan dimanapun yang kamu mau melalui aplikasi […]
  • 5 Manfaat Mendengarkan Podcast yang Harus Diketahui

    5 Hal yang Harus Kamu Siapkan Untuk Siaran Podcast - VP BlogVP Blog 20 May 2021

    […] era milenial saat ini, pasti kamu sudah tidak asing lagi bila mendengar kata podcast? Ya, podcast adalah siaran non-streaming yang disampaikan melalui bentuk audio, bisa dikatakan […]