5 Tips Agar Tetap Produktif Bekerja Saat Berpuasa

5 Tips Agar Tetap Produktif Bekerja Saat Berpuasa
Content
By fikar VP - 13 April 2021 - 613 Views - 0 Comment
Tips Agar Tetap Produktif Bekerja Saat Berpuasa

Bekerja di saat puasa, khususnya di bulan Ramadhan bukanlah alasan untuk menjadi malas ataupun tidak produktif. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar tetap maksimal dalam melakukan pekerjaan, walaupun energi tubuh sedang tidak berada di kondisi penuh seperti hari-hari biasanya. 

Berikut ini adalah 5 tips yang untuk menjaga kinerja agar tetap produktif di bulan puasa.

1. Ketika sahur makanlah secukupnya

Saat puasa tubuh Anda memang membutuhkan lebih banyak energi, namun itu bukan berarti Anda makan dalam ukuran atau porsi yang banyak pas sahur. Makanlah sesuai takaran dan pilihlah menu makanan yang kaya akan serat, protein, dan juga fiber. Hal ini akan membuat Anda memiliki stamina cukup dan tidak merasa lapar sampai menjelang waktu berbuka puasa. Makan yang berlebihan ketika sahur hanya akan memberi Anda rasa kantuk dan juga tidak berenergi. 

2. Aturlah pola tidur Anda 

Kurangnya waktu tidur akan menyebabkan rasa kantuk yang luar biasa dan akan mempengaruhi produktivitas dalam bekerja. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengatur jam tidur dengan baik. Biasakan tidur sehabis sholat Isya dan tarawih sekitar jam 9 atau 9.30 malam, agar saat tubuh Anda bangun untuk ibadah malam dan sahur terasa segar. 

3. Rajinlah untuk berolahraga

Manfaat rajin berolahraga saat berpuasa adalah dapat mengubah lemak tubuh menjadi glukosa yang mengusir rasa lelah dan kantuk. Selain menjaga stamina, hal ini tentunya akan membantu Anda dalam menjaga kinerja secara maksimal. Lakukanlah olahraga yang sesuai dengan kemampuan tubuh Anda dan ingatlah untuk tidak memaksakan dalam melakukan gerakan latihan yang berat. Anda dapat melakukan olahraga saat menjelang waktu berbuka puasa, lalu penuhilah kebutuhan cairan tubuh dengan mengkonsumsi beberapa gelas air agar terhindar dari kondisi dehidrasi.

4. Kurangilah mengkonsumsi kafein

Pada hari-hari biasa, mengkonsumsi kafein dapat membantu Anda dalam menghilangkan rasa kantuk. Namun sebaiknya Anda tidak mengkonsumsinya setelah berbuka puasa atau dalam kondisi perut kosong. Hal tersebut dikarenakan dapat membuat lambung terluka, sehingga Anda akan jatuh sakit. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk makan terlebih dahulu sebelum meminum secangkir kopi kesayangan.

5. Mendengarkan musik saat bekerja

Mendengarkan musik saat bekerja memiliki banyak manfaat bagi Anda seperti memperbaiki mood, menghilangkan stress, serta mendatangkan ide-ide cemerlang yang dapat meningkatkan produktivitas. Hal ini pun akan menyebabkan tubuh Anda menjadi segar dan tidak lemas ketika melakukan suatu pekerjaan. 

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk tetap produktif dan berenergi saat melakukan pekerjaan atau aktivitas di dalam bulan puasa. Selamat mencoba! 

Tags: Bekerja saat puasa, puasa ramadhan

Related Content


Popular This Month


Latest Posts


Leave a Message