5 Tips Agar Tetap Produktif Bekerja Saat Berpuasa

5 Tips Agar Tetap Produktif Bekerja Saat Berpuasa
Content
By fikar VP - 13 April 2021 - 4134 Views - 0 Comment
Tips Agar Tetap Produktif Bekerja Saat Berpuasa

Bekerja dari rumah ataupun kantor di saat puasa, khususnya di bulan Ramadhan bukanlah alasan untuk menjadi malas ataupun tidak produktif. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar tetap maksimal dalam melakukan pekerjaan, walaupun energi tubuh sedang tidak berada di kondisi penuh seperti hari-hari biasanya. 

Berikut ini adalah 5 cara untuk tetap produktif dalam bekerja saat berpuasa:

1. Ketika sahur makanlah secukupnya

Saat puasa tubuh Anda memang membutuhkan lebih banyak energi, namun itu bukan berarti Anda makan dalam ukuran atau porsi yang banyak pas sahur. Makanlah sesuai takaran dan pilihlah menu makanan yang kaya akan serat, protein, dan juga fiber. Hal ini akan membuat Anda memiliki stamina cukup dan tidak merasa lapar sampai menjelang waktu berbuka puasa. Makan yang berlebihan ketika sahur hanya akan memberi Anda rasa kantuk dan juga tidak berenergi. 

2. Aturlah pola tidur Anda 

Kurangnya waktu tidur akan menyebabkan rasa kantuk yang luar biasa dan akan mempengaruhi produktivitas dalam bekerja. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengatur jam tidur dengan baik. Biasakan tidur sehabis sholat Isya dan tarawih sekitar jam 9 atau 9.30 malam, agar saat Anda bangun untuk melakukan ibadah malam dan sahur tubuh akan terasa segar. 

3. Rajinlah untuk berolahraga

Manfaat rajin berolahraga saat berpuasa adalah dapat mengubah lemak tubuh menjadi glukosa yang mengusir rasa lelah dan kantuk. Selain menjaga stamina, hal ini tentunya akan membantu Anda dalam menjaga kinerja secara maksimal. Lakukanlah olahraga yang sesuai dengan kemampuan tubuh Anda dan ingatlah untuk tidak memaksakan dalam melakukan gerakan latihan yang berat. Anda dapat melakukan olahraga saat menjelang waktu berbuka puasa, lalu penuhilah kebutuhan cairan tubuh dengan mengkonsumsi beberapa gelas air agar terhindar dari kondisi dehidrasi.

4. Kurangilah mengkonsumsi kafein

Pada hari-hari biasa, mengkonsumsi kafein dapat membantu Anda dalam menghilangkan rasa kantuk. Namun sebaiknya Anda tidak mengkonsumsinya setelah berbuka puasa atau dalam kondisi perut kosong. Hal tersebut dikarenakan dapat membuat lambung terluka, sehingga Anda akan jatuh sakit. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk makan terlebih dahulu sebelum meminum secangkir kopi kesayangan.

5. Mendengarkan musik saat bekerja

Mendengarkan musik memiliki banyak manfaat bagi Anda yang bekerja saat berpuasa seperti memperbaiki mood, menghilangkan stress, serta mendatangkan ide-ide cemerlang yang dapat meningkatkan produktivitas. Hal ini pun akan menyebabkan tubuh Anda menjadi segar dan tidak lemas ketika melakukan suatu pekerjaan. 

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk tetap produktif dan berenergi saat melakukan pekerjaan atau aktivitas di dalam bulan puasa. Selamat mencoba! 

Tags: Bekerja saat puasa, puasa ramadhan

Related Content


    Popular This Month


    Latest Posts


    Leave a Message