5 Tips untuk Memilih Influencer yang Tepat

5 Tips untuk Memilih Influencer yang Tepat
Content, Digital Marketing, Influencer
By fikar VP - 16 June 2021 - 202 Views - 2 Comment
Tips untuk Memilih Influencer yang Tepat

Influencer adalah seseorang yang dapat memberikan pengaruh di dalam masyarakat dan memiliki peranan penting bagi strategi pemasaran dalam dunia digital saat ini. Sebab mereka mempunyai cara unik tersendiri dalam mempromosikan suatu produk sehingga para followers dapat terpengaruh untuk ikut menggunakannya.

Jika kamu ingin mendapatkan hasil yang maksimal untuk promosi di dalam media sosial, maka ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk memilih Influencer yang sesuai dengan brand kamu: 

1. Perhatikan followers dengan seksama

Jangan asal terbuai dengan banyaknya jumlah pengikut yang ada. Karena saat ini ada beberapa orang yang menggunakan jasa beli followers demi menjadi seorang Influencer. Untuk itu kamu bisa mengetahuinya melalui: 

  • Cek jumlah likes, biasanya akun real mendapatkan rata-rata like sekitar 5 sampai dengan 25 persen dari total followers yang ada
  • Periksa juga apakah sepi komentar atau tidak
2. Lihatlah rekam jejak dari Influencer yang mau dipilih

Untuk dapat meningkatkan personal branding, maka kamu membutuhkan seorang Influencer yang memiliki reputasi baik. Kamu bisa mencari tahu apakah ada hal negatif yang telah di posting lewat media sosialnya? Atau pernahkah dirinya terjebak dalam suatu masalah hukum? Hal-hal tersebut harus diperhatikan demi menjaga nama baik dari brand kamu.

3. Mempunyai engagement yang tinggi 

Jumlah followers bukanlah segalanya, ada beberapa micro Influencer yang memiliki nilai engagement tinggi dan ada pula macro Influencer yang mempunyai engagement yang rendah. Jadi kamu harus memperhatikan keterikatan mereka dengan para pengikutnya, sebab hal itu dapat dijadikan tolak ukur dalam membuat konten pemasaran yang pas. 

4. Sesuaikan dengan karakter brand dan target audiens 

Pilihlah Influencer yang bergerak di bidang sama dengan brand kamu. Misalnya saja kamu mempunyai bisnis gym, maka pilihlah atlet atau seorang pecinta olahraga. Sebab hal itu akan memiliki relevansi dan lebih meyakinkan calon konsumen untuk menggunakan produk kamu. Lalu sesuaikanlah juga dengan target audiens, jika kamu mengincar anak muda atau orang dewasa maka carilah yang dapat menjangkau kisaran umur tersebut. 

5. Pilihlah yang dapat bekerja sama dengan baik

Kerjasama yang baik di antara kedua belah pihak akan sangat menentukan pencapaian target. Oleh karena itu, pilihlah Influencer dengan attitude baik. Sebab hal ini akan memudahkan kamu atau tim dalam menjelaskan brief mengenai konten yang akan dibuat. 

Demikianlah cara-cara yang bisa dilakukan dalam memilih Influencer yang sesuai dengan brand kamu. Semoga informasi ini dapat bermanfaat! 

Tags: content, Digital Marketing, Influencer

Related Content


Popular This Month


Latest Posts


Leave a Message

  • 5 Tips untuk Memilih Influencer yang Tepat

    Mengenal Jenis-Jenis Influencer Media Sosial - VP BlogVP Blog 21 June 2021

    […] adalah kelompok Macro Influencer. Ini adalah jenis Influencer dengan jumlah pengikut mencapai 100.000 hingga 1.000.000 orang. Mereka juga terbiasa membuat konten […]
  • 5 Tips untuk Memilih Influencer yang Tepat

    3 Tips Jitu Mengoptimalkan Kerjasama dengan Influencer - VP BlogVP Blog 18 June 2021

    […] jika kamu tidak melakukan promosi secara tepat. Di era digital ini, kamu bisa menggunakan jasa Influencer untuk membantu strategi pemasaran. Lakukanlah kerjasama yang baik dengan mereka agar dapat membuat […]