Mengenal Jenis Tingkatan Influencer Media Sosial

Mengenal Jenis Tingkatan Influencer Media Sosial
Digital Marketing, Influencer, Social Media
By fikar VP - 01 July 2021 - 7466 Views - 0 Comment
Jenis-Jenis Influencer Media Sosial

Seorang Influencer dapat memberikan pengaruh yang sangat kuat untuk membuat orang banyak mengikuti apa yang mereka rekomendasikan. Kehadiran mereka memiliki peranan penting dalam membantu strategi penjualan di era digital saat ini. Sebelum kamu memutuskan untuk bekerja sama dengan mereka, ada baiknya kamu mengetahui perbedaan jenis tingkatan Influencer biar tidak salah pilih.

4 tingkatan Influencer berdasarkan jumlah followers di dalam media 

1. Nano Influencer

Ini adalah jenis Influencer yang memiliki jumlah followers 1.000 sampai dengan 10.000 orang. Walaupun tidak terlalu banyak pengikut, namun biasanya engagement yang terjadi sangatlah tinggi. Hal ini disebabkan karena para Nano Influencer aktif dalam berinteraksi dengan followers-nya di dalam media sosial. 

2. Micro Influencer

Micro Influencer memiliki jumlah pengikut antara 10.000 hingga 100.000 orang. Sebuah studi dari Keller Fay Group yang merupakan media company dari New Jersey, United States menunjukan bahwa rekomendasi dari seorang Micro Influencer dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli produk mencapai angka 82%. Mereka juga mempunyai berbagai ide kreatif dan cara yang unik dalam menarik perhatian para audiens. 

3. Macro Influencer

Berikutnya adalah kelompok Macro Influencer. Ini adalah jenis Influencer dengan jumlah pengikut mencapai 100.000 hingga 1.000.000 orang. Mereka juga terbiasa membuat konten yang menghibur, inspiratif, serta unik yang dikemas dalam bentuk foto ataupun video. Hal ini tentunya akan membuat kamu mendapatkan exposure yang lebih besar dan mencapai target market yang luas dibandingkan Nano Influencer dan Micro Influencer. 

4. Mega Influencer

Kelompok terakhir adalah Mega Influencer. Ini adalah jenis Influencer yang memiliki followers lebih dari 1.000.000 orang dan biasanya mereka berasal dari golongan selebriti atau tokoh masyarakat. Jumlah pengikut yang banyak dapat membantumu dalam membangun awareness yang sebesar-besarnya dan menjangkau audiens yang sangat luas. Selain itu, memilih jenis Influencer ini juga dapat meningkatkan eksklusivitas dan kredibilitas dari brand kamu. 

Itulah beberapa jenis Influencer yang terdapat dalam media sosial. Pilihlah yang sesuai dengan karakteristik brand serta kebutuhan strategi pemasaran kamu. Selamat mencoba! 

Tags: Digital Marketing, Influencer, Influencer Marketing, Social Media, Social Media Influencer

Related Content


Popular This Month


Latest Posts


Leave a Message