5 Tips Manajemen Waktu yang Efektif

5 Tips Manajemen Waktu yang Efektif
SEO
By fikar VP - 03 January 2024 - 2632 Views - 0 Comment
Tips manajemen waktu yang efektif

Saat memasuki dunia kerja profesional, ada kalanya kamu dihadapkan oleh beberapa pekerjaan sekaligus dengan deadline hampir bersamaan. Agar tidak menjadi keteteran dan membuatmu pusing, kamu harus memiliki manajemen waktu yang efektif.

Cara untuk mengelola manajemen waktu yang baik

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh jika kamu dapat mengatur waktu dengan efektif seperti kamu tidak perlu terburu-buru atau begadang semalaman dalam menyelesaikan pekerjaan, lebih santai serta produktif, dan sebagainya. Berikut ini adalah tips-tips yang bisa kamu coba.

1. Buatlah daftar hal apa saja yang harus dikerjakan

Sebuah to-do list sangat berguna untuk membantu kamu dalam mengetahui hal apa saja yang ingin dikerjakan hari ini, esok, bahkan setahun ke depannya. Tentunya ini akan meningkatkan produktivitas dan tidak membuatmu kelabakan saat bekerja.

2. Tentukan yang mana menjadi prioritas

Setelah membuat to-do list, langkah selanjutnya adalah menentukan apa duluan yang harus kamu kerjakan. Skala prioritas merupakan salah satu kunci dalam manajemen waktu yang efektif, serta mempermudah dirimu untuk fokus dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan.

3. Menentukan waktu pengerjaan

Kamu harus mengetahui kapan waktu selesai dalam setiap pekerjaan. Ini dapat membantu untuk meredakan stres yang muncul saat bekerja di bawah tekanan. Sebab, hal tersebut hanya akan membuatmu kesulitan berpikir, sehingga ide menjadi terhambat.

4. Fokus pada pekerjaan

Hal yang bikin sebuah pekerjaan tidak kelar adalah terlalu banyak distraksi saat sedang mengerjakannya. Misalnya membalas pesan Whatsapp, membuka media sosial, mendengar podcast, mengobrol dengan teman, bermain game, dan sebagainya. Jika kamu ingin santai, maka tuntaskanlah pekerjaanmu terlebih dahulu.

5. Jangan melakukan dua pekerjaan sekaligus

Bila kamu ingin pekerjaan cepat selesai, maka sebaiknya tidak mengerjakan dua tugas secara bersamaan. Menurut sebuah situs kesehatan dari Amerika Serikat, Verywellmind, multitasking ternyata bisa menurunkan produktivitas kerja. Jadi sebaiknya, kamu harus fokus menyelesaikan satu pekerjaan baru berpindah ke yang lainnya.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memiliki manajemen waktu yang efektif. Semoga bermanfaat.

Tags: Manajemen waktu

Related Content


    Popular This Month


    Latest Posts


    Leave a Message