3 Tips Membuat CV Fresh Graduate yang Menarik

3 Tips Membuat CV Fresh Graduate yang Menarik
SEO
By fikar VP - 25 April 2024 - 301 Views - 0 Comment
Tips Membuat CV Fresh Graduate yang Menarik

Bagi kamu seorang fresh graduate yang belum memiliki latar belakang ataupun pengalaman kerja, tentunya ada rasa bingung bagaimana cara untuk membuat CV yang memukau dalam melamar sebuah pekerjaan.

Cara-cara ampuh untuk menyusun CV yang memikat perhatian

Berikut ini adalah langkah-langkah jitu yang bisa kamu terapkan saat membuat Curriculum Vitae:

1. Tulislah perkenalan diri yang menarik

Meski kamu seorang fresh graduate yang baru saja lulus kuliah dan belum punya pengalaman kerja, kamu tetap harus memberikan kesan pertama di dalam CV dengan baik.

Tulislah kata-kata di bagian CV introduction yang menunjukkan rasa percaya diri agar kamu layak diterima untuk bekerja di perusahaan yang kamu lamar. Perkenalan yang baik akan mendapatkan kesan dari para perekrut.

Misalnya saja seperti ini: “Saya adalah lulusan perguruan tinggi (sebutkan nama kampus) dengan IPK (sebutkan nilainya) sebagai sarja (tulis gelar sarjana kamu). Saya memiliki kemauan besar untuk mengembangkan ilmu bersama perusahaan Bapak/Ibu, cepat beradaptasi, dan bertanggung jawab baik terhadap pekerjaan yang diberikan”. 

2. Berikan informasi pendidikan secara lengkap

Sebagai seorang fresh graduate, kamu dianjurkan untuk menambahkan informasi pendidikan secara lengkap di dalam CV seperti nama perguruan tinggi, jurusan, tahun lulus, IPK, kegiatan mahasiswa apa saja yang pernah kamu dijalankan, karya ilmiah, dan sebagainya.

Sertakan juga sertifikat yang pernah didapat dari tempat kursus atau seminar di luar kampus. 

3. Tambahkan kolom prestasi dan kemampuan yang dimiliki

Agar dapat bersaing dengan kandidat lainnya, dan terpilih untuk dipanggil ke dalam tahap interview, ada baiknya kamu mencantumkan soft dan hard skill apa saja yang kamu miliki.

Urutkanlah dari yang paling dikuasai sampai ke yang biasa saja. Jangan lupa untuk menambahkan prestasi yang pernah kamu raih baik itu di dalam maupun luar kampus seperti “desain grafis terbaik”, “siaran podcast kampus paling favorit”, dan sebagainya. 

Itulah beberapa tips yang bisa kamu aplikasikan ke dalam pembuatan CV. Jangan lupa untuk membuat desain simple tapi menarik perhatian, serta jujur dan tidak perlu menambahkan hal-hal yang tidak kamu kuasai atau miliki. Semoga bermanfaat. 

Tags: content, Digital Marketing

Related Content


Popular This Month


Latest Posts


Leave a Message