5 Ide Konten Podcast yang Diminati oleh Banyak Pendengar

5 Ide Konten Podcast yang Diminati oleh Banyak Pendengar
Content, Podcast
By fikar VP - 19 May 2021 - 1768 Views - 4 Comment
Ide Konten Podcast yang Diminati oleh Banyak Pendengar

Berdasarkan data yang diperoleh dari JakPat, sebuah lembaga mobile survey dari Yogyakarta menyatakan bahwa jumlah pendengar podcast di Indonesia pada tahun 2021, sebagian besar dikuasai oleh anak muda yang berusia 15-24 tahun dengan total persentase sekitar 43 persen, yang kemudian diikuti oleh kelompok usia 25-29 tahun dengan jumlah sebanyak hampir 20 persen dan pendengar podcast usia 30-34 tahun sebesar 16 persen.

Ada beberapa alasan mengapa banyak generasi milenial menyukai siaran podcast, yaitu:

  1. Kontennya lebih bervariasi
  2. Fleksibel, bisa didengarkan dimana saja 

Saat ini semua orang dapat membuat konten podcast-nya sendiri. Kamu cukup mempersiapkan peralatan seperti microphone, laptop atau komputer, software editing, audio interface, dan sebagainya. Lalu jangan lupa untuk menciptakan intro serta jargon yang unik dan ajaklah narasumber untuk lebih menghidupkan suasana siaran. Bila kamu ingin kebanjiran pendengar, maka buatlah konten podcast yang relate dengan kehidupan sehari-hari. 

Berikut ini adalah 5 ide konten yang bisa diterapkan dalam siaran podcast kamu: 

1. Konten horor

Cerita mistis dapat memicu adrenalin dan memberikan sensasi tersendiri. Kamu bisa menceritakan kisah-kisah nyata yang pernah kamu alami seperti bertemu dengan makhluk halus ataupun kejadian horor lainnya yang berasal dari daerah kamu. Agar dapat menambah suasana mencekam, kamu dapat mengiringinya dengan backsound creepy. Hal ini tentunya akan membuat pendengar seolah-olah berada di dalam cerita kamu.

2. Konten komedi

Menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 dan tertera di dalam Journal of Dental and Medical research menyatakan bahwa mendengarkan hal yang lucu dapat mengurangi tekanan darah, meredakan stress, memperbaiki mood, dan masih banyak lagi. Ceritakanlah pengalaman lucu yang terjadi di dalam tongkrongan kamu seperti uang kurang saat sudah mengantri panjang, salah pakai kostum, dan lain sebagainya. 

3. Konten olahraga

Saat ini gaya hidup sehat telah menjadi tren di kalangan para milenial. Kamu bisa menceritakan tips-tips untuk diet, sharing mengenai pembentukan otot, menjaga bentuk tubuh melalui makanan, dan lain-lain. Kamu bisa mendatangkan narasumber seperti Influencer olahraga ataupun pakar gizi. 

4. Konten hobi

Ide konten podcast berikutnya yang paling diminati oleh banyak orang adalah pembahasan tentang hobi seperti musik, travelling, film, buku, game, otomotif, dan lain sebagainya. Hobi dapat memberikan kepuasan batin dan juga menumbuhkan rasa percaya diri bagi orang yang melakukannya. 

5. Konten percintaan

Setiap insan di muka bumi ini pasti merasakan hal yang namanya cinta. Kamu bisa membahas tips dan trik untuk menjaga hubungan, bagaimana cara mendapatkan seseorang yang tidak mencintai kamu, langkah untuk balikan dengan mantan, mengadakan sesi curhat dengan para pendengar, dan masih banyak lagi. Konten yang satu ini selalu menjadi favorit dan tak pernah lekang oleh waktu.

Itulah beberapa ide konten podcast yang bisa kamu terapkan. Selain menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya, kamu juga harus gencar melakukan promosi dan konsisten dalam jadwal penayangan. Selamat mencoba! 

Tags: konten podcast, podcast

Related Content


Popular This Month


Latest Posts


Leave a Message

  • 5 Ide Konten Podcast yang Diminati oleh Banyak Pendengar

    5 Tips untuk Membuat Konten Podcast yang Menarik Pendengar - VP BlogVP Blog 16 June 2021

    […] konten yang relate dengan kehidupan sehari-hari, intro yang catchy juga dapat memberikan kesan yang kuat dan tak […]
  • 5 Ide Konten Podcast yang Diminati oleh Banyak Pendengar

    7 Cara Ampuh Untuk Mendapatkan Ide Baru - VP BlogVP Blog 07 June 2021

    […] film atau podcast favorit yang bisa menghibur diri kamu, sehingga hati dan pikiran kamu akan terlupakan sejenak dari […]
  • 5 Ide Konten Podcast yang Diminati oleh Banyak Pendengar

    5 Hal yang Harus Kamu Siapkan Untuk Siaran Podcast - VP BlogVP Blog 20 May 2021

    […] melalui bentuk audio, bisa dikatakan hampir mirip dengan radio, namun kamu bisa bebas menentukan konten pembahasan, mulai dari hal sedang viral, lifestyle, horor, berita, gosip sampai curahan isi hati sendiri. […]
  • 5 Ide Konten Podcast yang Diminati oleh Banyak Pendengar

    5 Manfaat Mendengarkan Podcast yang Harus Diketahui - VP BlogVP Blog 20 May 2021

    […] memiliki beragam topik dan juga konten yang informatif, sehingga kamu akan mempelajari banyak hal baru di dalamnya. Berbeda dengan radio dan televisi, […]