Bangun Mental yang Sehat Saat WFH Bikin Penat!

Bangun Mental yang Sehat Saat WFH Bikin Penat!
SEO
By Endah Content - 24 February 2021 - 4429 Views - 2 Comment

Kondisi pandemi yang belum usai, membuat pergerakan manusia terbatas. Beberapa kegiatan masih dilakukan secara daring. Termasuk beberapa kantor yang masih melaksanakan sistem kerja dari rumah atau biasa kita sebut WFH (Work From Home). Sebuah kondisi baru yang harus dilakukan dalam jangka waktu panjang. Kita harus menghadapi kondisi asing dengan mengganti peran sebuah rumah yang tadinya sebagai tempat istirahat, menjadi tempat kita bekerja.

Sebagian besar dari kita memang sudah bisa beradaptasi dengan kondisi ini. Namun, pasti ada hari dimana kita merasa kewalahan. Merasa bosan, cemas bahkan stres ketika mencoba menjalaninya. Ternyata kondisi tersebut bersangkutan dengan kesehatan mental kita. Bahkan Organisasi kesehatan dunia (World Health Organization/WHO) memberikan peringatan, pandemi Covid-19 berisiko tinggi menimbulkan krisis kesehatan mental global yang serius.

Jika saat WFH (Work From Home) kita mulai merasakan perasaan-perasaan negatif tersebut seperti bosan, tidak tenang, cemas, panik, overthinking hingga stress, psikolog klinis RS Murni Teguh, Maria Dwindita, M.Psi., menyarankan agar kita mengalihkan pada kegiatan yang bersifat positif dan dapat membuat tenang seperti meditasi, mendengarkan musik yang tenang, yoga, bercocok tanam dan yang lainnya.

Berikut cara untuk meminimalisir stress saat WFH:

1. Memperjelas waktu bekerja

Jika kebiasaan ketika sebelum WFH adalah bangun tidur, mandi, bersiap dengan memakai baju rapi untuk bekerja maka lakukan hal yang sama ketika WFH. Jika jam kerja sudah selesai, pakailah baju santai tanda bahwa waktunya tubuh untuk beristirahat. Ciptakan juga ‘working space’ di dekat jendela untuk mendapatkan matahari pagi karena bisa menurunkan risiko depresi.

2. Mengonsumsi Makanan Sehat

Pola makan harian punya peran besar sebagai sumber stress. Kuncinya adalah menjaga pola makan dengan mengonsumsi makanan sehat dan seimbang demi megurangi stress. Sehingga tubuh serta pikiran kita lebih bahagia. Perbanyak asupan serat, karbohidrat kompleks, vitamin dan mineral serta penuhi kebutuhan cairan setiap hari dan jangan lupa untuk kurangi makanan berlemak.

3. Mencari Hobi Baru

Mencari hobi baru adalah salah satu cara untuk membunuh rasa bosan terhadap rutinitas yang selalu sama setiap harinya. Tentu saja pilih hobi yang tidak memicu kerumunan seperti bercocok tanam, berolahraga, mewarnai sebuah buku gambar, dan lain sebagainya. Selain dapat menurunkan stress, hal ini juga akan membantumu untuk mendapatkan ide baru.

Jika cara tersebut tidak dapat meminimalisir stress, konsultasi dengan psikolog adalah hal yang baik dilakukan demi pentingnya kesehatan mental kita. Stay positive!

Tags: covid-19, Mental Health, Pandemic, WFH (Work From Home)

Related Content


Popular This Month


Latest Posts


Leave a Message

  • Bangun Mental yang Sehat Saat WFH Bikin Penat!

    3 Olahraga Pembakar Lemak Yang Bisa Kamu Lakukan Dari Rumah - VP BlogVP Blog 27 May 2021

    […] di Indonesia, pemerintah menghimbau masyarakat untuk melakukan physical distancing dan beberapa aktivitas dari rumah, seperti bekerja, kuliah, sekolah, dan lain-lain. Hal ini pun menyebabkan beberapa tempat olahraga […]
  • Bangun Mental yang Sehat Saat WFH Bikin Penat!

    5 Tips Agar Tetap Produktif Bekerja Saat Berpuasa - VP BlogVP Blog 24 May 2021

    […] Bekerja dari rumah ataupun kantor di saat puasa, khususnya di bulan Ramadhan bukanlah alasan untuk menjadi malas ataupun tidak produktif. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar tetap maksimal dalam melakukan pekerjaan, walaupun energi tubuh sedang tidak berada di kondisi penuh seperti hari-hari biasanya.  […]