5 Tips Ampuh Mengatasi Grogi Saat Interview Kerja

5 Tips Ampuh Mengatasi Grogi Saat Interview Kerja
Content, Digital Marketing
By fikar VP - 07 May 2024 - 465 Views - 0 Comment
Tips Ampuh Mengatasi Grogi Saat Interview Kerja

Mendapatkan panggilan interview kerja adalah sebuah kabar yang menyenangkan. Namun, sebagian besar orang akan mengalami rasa grogi saat menjalani proses tersebut. Simak artikel ini sampai habis untuk mengetahui cara menghadapinya.

Cara-cara jitu agar tetap tenang ketika proses interview kerja

Ketenangan merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam melewati sesi interview kerja, baik itu bersama user maupun HRD. Sebab, jika tenang maka kamu dapat memberikan jawaban yang terbaik. Berikut merupakan langkah-langkahnya: 

1. Persiapkan diri secara matang

Observasilah terlebih dahulu mengenai posisi yang akan kamu lamar, lalu perusahaannya bergerak di bidang apa, budaya kerja di dalamnya, dan sebagainya. Hal ini akan memberikan kamu sedikit gambaran tentang kondisi korporasi tersebut. 

Kemudian, kamu bisa membuat pertanyaan apa saja yang mungkin akan ditanyakan ketika proses wawancara kerja pada umumnya. Siapkan jawaban yang berkaitan dan menarik. 

2. Buatlah latihan interview kerja

Tentunya kamu sering mendengar kata “practice makes perfect”. Benar, dengan berlatih di depan kaca atau ada orang lain yang menjadi seorang pewawancara, akan membuatmu mengeluarkan jawaban natural dan tidak menimbulkan kesan “menghafal”. 

Jangan lupa untuk menatap mata orang yang sedang melakukan wawancara terhadap dirimu, agar menimbulkan kesan bahwa kamu serius dalam bekerja dan menyimak dengan baik. 

3. Datang lebih awal 

Ingatlah agar datang lebih awal sekitar 30 menit sebelum proses interview kerja dimulai. Selain tidak terlalu tergesa-gesa, kamu masih ada waktu untuk santai, melakukan pengaturan napas sambil berlatih sedikit, sarapan dan sebagainya. Hal-hal tersebut akan membantu perasaanmu menjadi tenang. 

4. Kenakanlah pakaian yang rapi

Pakaian rapi, sopan, dan wangi akan membuatmu lebih percaya diri untuk menghadapi interview kerja. Selain terlihat menarik, para pewawancara akan memandangmu sebagai seseorang yang siap dan sudah profesional. 

5. Mendengarkan musik atau menonton acara kesukaan

Untuk menghilangkan grogi, langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan mendengarkan lagu favorit, podcast, atau menonton acara kesukaan dari Youtube, Instagram, TikTok dan media sosial lainnya. Kamu juga dapat membaca buku ataupun mengemil. Lakukanlah hal-hal yang dapat membuat perasaanmu menjadi senang. 

Itulah beberapa cara yang bisa membantumu dalam mengatasi grogi. Jangan lupa untuk berdoa ya. Semoga bermanfaat. 

Tags: Digital Marketing, Interview

Related Content


Popular This Month


Latest Posts


Leave a Message